Preferensi Konsumen Di Kedai Coffee & Chill Kota Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.25181/jumaat.v2i2.3815Abstrak
Kopi (Coffea L.) sebagai komoditas yang dibudidayakan di sektor perkebunan. Daerah penghasil kopi yang terdapat di Indonesia yaitu Provinsi Lampung. Kopi adalah minuman tradisional yang berkembang menjadi minuman kekinian dapat di konsumsi oleh orang dewasa ataupun remaja. Kedai kopi merupakan alternatif tempat untuk dikunjungi hal ini menjadi kendala dikarenakan banyaknya kedai kopi baru dan jumlah persaingan kedai kopi yang semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi karakteristik konsumen di Kedai Coffee & Chill Kota Bandar Lampung dan menganalisis atribut kopi yang menjadi preferensi konsumen pembelian kopi di kedai Kota Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis konjoin. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa karakteristik konsumen kedai Coffee & Chill didominasi oleh konsumen yang berusia 21-25 tahun, berjenis kelamin laki-laki. rata-rata merupakan mahasiswa, karakteristik konsumen kopi berdasarkan pendapatan paling banyak yakni <Rp 1.000.000. Urutan nilai kepentingan atau important value atribut kopi yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah harga, pelayanan, fasilitas, dan varianUnduhan
Referensi
Afgiani Reza, Jenesya, Agus Hudoyo, dan Achdiansyah Soelaiman. 2022. “Analisis Atribut Kepentingan dan Kinerja Pelayanan Dijou Coffeebar dan Café Kiyo di Bandar Lampung” Journal of Food System and Agribusiness 6 (2): 182–91
Badan Pusat Statistik. 2023. “Statistik Kopi Indonesia” 7 (1): 9–15.
Balqis, Zakiyah Noor, Zainal Abidin, Suriaty Situmorang, Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, dan Bandar Lampung. 2022. “Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Kopi Dekafeinasi Ghalkoff Di Bandar Lampung.” Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis : Journal of Agribusiness Science 10 (2): 252–59.
Fitri, Annisa, Kusmaria. 2023. “Proses Keputusan Pembelian Kopi pada Coffee Campus Bandar Lampung.”
Agrimansion, 89 (6): 61002.
Fitri, Annisa, Dayang Berliana, dan Nuni Anggraini. 2021. “Pengadaan Bahan Baku Produk Kopi Ready to Drink pada Coffee Shop di Kota Bandar Lampung.” Agrimor 6 (1): 42–48.
Humaidi, Edy, Analianasari Analianasari, dan Bina Unteawati. 2023. “Perilaku Konsumen dalam Pembelian Kopi di Coffe Shop.” Agrimor 8 (2): 53–60.
Mewanglo, Geraldo Putra, Grace Adonia Josefina Rumagit, dan Lyndon R.J. Pangemanan. 2024. “Preferensi Konsumen Terhadap Produk Fellow Coffee Manado Dan Fellow Coffee Bitung.” Agri-Sosioekonomi 20 (1): 105–12.
Pertanian, Kementrian. 2022. “Outlook Komoditas Perkebunan.”
Rohmah, Alsa Nailur, dan Slamet Subari. 2021. “Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya.” Agriscience 1 (3): 548–62.
Rossi Maellinda, Ethika Dyah, Widyarini Indah. 2021. “Analisis Kepuasan Konsumen Kopi Pada Kedai Kopi Di Wilayah Purwokerto.” Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) 5: 878–91.
Rudianto, Dimas. 2018. “Analisis Atribut Produk Ginger Fresh Terhadap Prefensi Konsumen.”
PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1 (4): 473–79.
Ruslan, Muhammad Robi, Arti Yoesdiarti, dan Himmatul Miftah. 2020. “Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Bogor Di Tiga Kedai Kopi Bogor.” Jurnal Agribisains 6 (2): 101–14.
Sudarsono, Alvia Trisdiana, dan Mokh. Rum. 2021. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi pada Kedai Sehari Sekopi Sidoarjo.” Agriscience 2 (2): 408–27.
Thufeil, Muhammad, Ahsani Taqwim, Ahmad Zainuddin, dan Agus Supriono. 2023. “Preferensi dan Kepuasan Konsumen terhadap Atribut Produk Minuman Kopi di Coffeeshop Starbucks Kabupaten Jember” 4: 31–49.