https://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/issue/feedJurnal Manajemen Agribisnis Terapan2024-07-30T04:13:17+00:00Open Journal Systemshttps://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3617Pola Hubungan Kemitraan Inti Plasma Pada Usaha Peternakan Ayam Petelur Di CVBF Desa Talang Jawa Kecamatan Merbau Mataram Lampung Selatan 2024-07-04T01:51:23+00:00Monika Tampubolonmonikajulianti2@gmail.comFitriani Fitrianimonikajulianti2@gmail.comNuni Anggrainimonikajulianti2@gmail.com<p class="ABSTRINDO" style="margin-left: 0cm;"><span lang="EN-US">CVBF merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peternakan ayam petelur dengan program kemitraan. Keterbatasan modal usaha dan sarana produksi yang tidak seimbang dengan harga jual produksi menjadi masalah yang dihadapi peternak. Pengembangan usaha peternakan ayam petelur dengan kemitraan diharapkan dapat mengurangi masalah-masalah yang dihadapi sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk menjelaskan prosedur kemitraan antara peternak petelur plasma dengan CVBF dan menganalisis pola kemitraan peternak ayam petelur dengan CVBF. Analisis data menggunakan metode deskriptif yang digunakan untuk menjelaskan prosedur kemitraan dan menganalisis pola kemitraan. Prosedur kemitraan yang dijalankan peternak ayam petelur dimulai dari pendaftaran calon peternak mitra ke CVBF, administrasi pendaftaran, peternak mengikuti verifikasi oleh CVBF, tanda tangan peminjaman modal/utang peternak mitra, peternak melakukan persiapan kandang, pemesanan sarana produksi, pemeliharaan ayam petelur, bimbingan pegawai penyuluh lapang (PPL), pemanenan dan pascapanen telur ayam, penjualan/pemasaran telur ayam dan penerimaan hasil produksi. Pola kemitraan yang diterapkan oleh CVBF dengan peternak mitra ayam petelur di Desa Talang Jawa Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan adalah pola kemitraan inti plasma.</span></p> <p class="ABSTRINDO" style="margin-left: 0cm;"> </p>2024-06-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Agribisnis Terapanhttps://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3618Pola Kemitraan Koperasi NCT Dengan CV RST2024-07-04T02:07:03+00:00Restiyana Restiyanarestiyana998@gmail.comFadila Marga Satyrestiyana998@gmail.comKusmaria Kusmariarestiyana998@gmail.com<p>Koperasi NCT merupakan koperasi yang bergerak di bidang pembibitan sapi potong dan hasil turunan lainnya. Koperasi NCT melakukan kemitraan dengan CV RST, hal yang mendorong koperasi NCT melakukan kemitraan yaitu karena masalah yang dihadapi koperasi NCT dalam restocking sapi bakalan dan pemasaran sapi potong. Berdasarkan hal itu kemitraan menjadi solusi dan manfaat bagi koperasi NCT. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk (1) menjelaskan prosedur kemitraan Koperasi NCT dengan CV RST (2) menganalisis pola kemitraan antara Koperasi NCT dengan CV RST. Penulis menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan prosedur kemitraan dan menganalisis pola kemitraan. Hasil analisis dan pembahasan (1) prosedur kemitraan antara Koperasi NCT dengan RST terdiri dari (a) mengajukan permohonan bermitra oleh Koperasi NCT, (b) mengisi formulir dan kelengkapan data, (c) verifikasi data, (d) pembuatan kontrak kerjasama dan penandatanganan kontrak. (2) Pola kemitraan antara Koperasi NCT dengan CV RST adalah pola kemitraan dagang umum</p>2024-06-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Agribisnis Terapanhttps://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3619Mekanisme Penyaluran Pupuk Bersubsidi Di PT AR II Penjualan Daerah Lampung2024-07-04T02:27:17+00:00Atika Rahmaniatikarahmani240@gmail.comDayang Berlianaatikarahmani240@gmail.comKusmaria Kusmariaatikarahmani240@gmail.com<p>PT AR II merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di produsen dan distributor pupuk bersubsidi dan nonsubsidi bagi kelompok tani. PT AR II cabang Lampung merupakan anak cabang atau kantor perwakilan yang bergerak di distributor pupuk wilayah Provinsi Lampung. Tujuan dari penyusunan karya tulis ilmiah adalah (1) mengidentifikasi karakteristik pupuk bersubsidi dan petani menerimanya, (2) mengidentifikasi mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi di PT AR II. Analisis data dalam penyusunan karya tulis ilmiah menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Hasil dari penyusunan karya tulis ilmiah ini adalah: karakteristik pupuk bersubsidi yaitu; memiliki dua jenis pupuk urea dan NPK, pupuk ini memiliki manfaat dan unsur hara yang berbeda-beda, harga eceran tertinggi pupuk subsidi dan nonsubsidi yang berbeda dan memiliki syarat petani yang berhak mendapat subsidi pupuk. Adapun mekanisme penyaluran pupuk bersubsidi yaitu mekanisme aliran penyaluran pupuk bersubsidi dan mekanisme aliran administrasi penyaluran pupuk bersubsidi.</p>2024-06-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Agribisnis Terapanhttps://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3620Penerapan Good Farming Practice (GFP) Di Peternakan Ayam Petelur PT LG Lampung Timur2024-07-04T02:40:56+00:00Lia Rismawatilia.rismawati01@gmail.comBina Unteawatilia.rismawati01@gmail.comFadila Marga Satylia.rismawati01@gmail.com<p class="ABSTRINDO" style="margin-left: 0cm;"><span lang="EN-US">PT LG merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peternakan khususnya peternakan ayam petelur. Pemeliharaan ayam petelur membutuhkan penanganan yang baik agar dapat menghasilkan ayam dengan kualitas telur yang optimal. Oleh sebab itu, dilakukan penerapan Good Farming Practice (GFP) pada perusahaan sebagai pedoman budi daya ternak ayam petelur yang baik. Sistem pemeliharaan yang diterapkan dengan baik dapat menekan angka kematian pada ternak menjadi lebih rendah, sehingga jumlah telur yang diproduksi dapat meningkat. Tujuan karya ilmiah ini adalah (1) Mengidentifikasi kegiatan proses produksi telur dan (2) Menjelakan penerapan Good Farming Practice (GFP) di PT LG. Metode analisis yang digunakan dalam penyusunan karya ilmiah ini adalah metode kualitatif, pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan data sekunder. Kegiatan proses produksi di peternakan ayam petelur pada PT LG terdiri dari pemilihan jenis bibit ayam, pemberian pakan, pemberian air minum, pengaturan suhu kandang, dan pengendalian penyakit, sehingga perlu membangun kandang isolasi dan sistem biosecurity farm yang mendukung. Penerapan Good Farming Practice (GFP) menjadi pedoman budidaya ternak ayam petelur yang baik berdasarkan Permentan Nomor: 31/Permentan/OT.140/2/2014 bagi peternakan pada PT LG agar tingkat mortalitasnya berada dalam batas toleransi (0,01-0,3%).</span></p>2024-06-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Agribisnis Terapanhttps://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3621Strategi Pemasaran Tepung Mocaf Pada KWT Sedap Malam Menggunakan STP (Segmenting, Targeting, Positioning)2024-07-04T02:58:30+00:00Shinta Tantriadistishintatantriadisti@polinela.ac.idMaria Ulfahshintatantriadisti@polinela.ac.idDian Rahmaliashintatantriadisti@polinela.ac.idI. Rani Mellya Sarishintatantriadisti@polinela.ac.id<p>Banyaknya persaingan dalam memproduksi tepung mocaf, maka akan semakin sulit ke depannya untuk memasarkan tepung mocaf yang diproduksi oleh KWT Sedap malam. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan menentukan strategi pemasaran tepung mocaf yang diproduksi oleh KWT Sedap Malam dengan menggunakan STP (Segmenstation, Targeting, Positioning). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus di KWT Sedap malam di Kota Bandar Lampung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deksriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Maret-Mei 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan stretagi pemasaran yang dapat dilakukan oleh KWT Sedap Malam agar dapat meningkatkan penjualannya antara lain menentukan segmentasi pemasarannya di golongan masyarakat masyarakat yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, golongan masyarakat yang sedang mengurangi konsumsi tepung terigu, golongan masyarakat yang memiliki penyakit <em>diabetes mellitus, celiac, autisme, irritable bowel symdrome, </em>dan golongan masyarakat yang ingin mengonsumsi tepung berkalori, lemak, dan gula rendah. Target pemasaran yang dapat dituju oleh KWT Sedap Malam adalah para wanita yang sedang melakukan diet dan para penderita penyakit <em>diabetes mellitus </em>dan agar dapat menempatkan posisi yang baik di pasar tepung mocaf, mengefisiienkan biaya yang dikeluarkan agar dapat bersaing dengan harga tepung mocaf di pasaran, selain itu, KWT Sedap Malam perlu membuat brand atau merek khusus dan kemasan serta konten promosi yang menarik target pasar.</p>2024-06-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Agribisnis Terapanhttps://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3622Analisis Keuntungan Usaha Bandrek Jahe Pinang Muda Pada KWT Melati Desa Sukakarya Kecamatan STL Ulu Terawas2024-07-04T03:20:41+00:00Levi Oliviamay270584@gmail.comMay Shiska Puspitasarimay270584@gmail.comFirdinan Wahyudimay270584@gmail.com<p class="ABSTRINDO" style="margin-left: 0cm;"><span lang="EN-US">Penelitian ini bertujuan untuk menghitung keuntungan usaha bandrek jahe pinang muda KWT Melati. Penelitian dilaksanakan di Desa Sukakarya Kecamatan STL ULU Terawas Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan metode study kasus (cases study) pengambilan sampel ini di lakukan secara (purposive sampling) dengan pertimbangan bahwa usaha bandrek jahe pinang muda hanya ada di wilayah tersebut. Responden penelitian ini ialah pemilik UMKM KWT Melati. Dari hasil pembahasan diperoleh Biaya produksi usaha UMKM KWT Melati Rp62.344.807,00 pertahun terdiri dari biaya tetap Rp2.821.667,00 per tahun biaya variabel Rp45.123.140,00 per tahun dan biaya tenaga kerja Rp14.400.000,00 pertahun, sedangkan penerimaan ialah Rp93.000.000,00 pertahun maka diperoleh keuntungan usaha bandrek jahe pinang muda KWT Melati sebesar Rp30.605.193,00 pertahun.</span></p>2024-06-27T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Agribisnis Terapanhttps://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3629Kinerja Usahatani Padi Sawah Di Kabupaten Tulang Bawang2024-07-11T02:36:29+00:00Dartana Dartana217021004@student.polinela.ac.idIrmayani Noer217021004@student.polinela.ac.idJaenudin Kartahadimaja217021004@student.polinela.ac.id<p>Padi masih merupakan bahan pangan pokok bagi masyarakat Indonesia, oleh karena itu komoditas padi memiliki arti strategis baik dari sisi ekonomi, lingkungan hidup, sosial maupun politik. Salah satu cara untuk menjaga kondusifitas masyarakat adalah mewujudkan stabilitas ketahanan pangan, membangun kemandirian pangan, maupun keamanan pangan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja usahatani untuk meningkatkan produksi padi sawah di Kabupaten Tulang Bawang, Mengidentifikasi faktor-faktor produksi (lahan, benih, pupuk, pestisida, dan tenaga kerja) yang berpengaruh terhadap produksi padi sawah. Menganalisis faktor-faktor produksi yang meningkatkan pendapatan petani di kabupaten Tulang Bawang.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, wawancara, dan pengamatan langsung dilapangan. Variabel eksogen yang diteliti meliputi efisiensi penggunaan faktor-faktor produksi (Saprodi, alsintan) dan efisiensi waktu yang digunakan selama proses produksi serta hasil yang diperoleh. Sedangkan variabel endogen meliputi produksi dan pendapatan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok tani tanaman pangan (padi) di Kecamatan Rawajitu Selatan, Kabupaten Tulang Bawang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. Jumlah responden sebanyak 87 orang. Faktor[1]faktor produksi yang mempengaruhi kinerja usahatani dalam meningkatkan produksi padi dan pendapatan dianalisis menggunakan analisis Excel Coubdouglas. Hasil penelitian menunjukkan kinerja usaha tani termasuk dalam kategori efisien dengan R/C ratio 1,64. Faktor-faktor produksi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja usahatani padi</p>2024-06-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Agribisnis Terapanhttps://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3656Karakteristik Konsumen “Coffee Ready To Drink”2024-07-30T04:13:17+00:00Edy Humaidiedyhumaidi145@polinela.ac.idBina Unteawatiedyhumaidi145@polinela.ac.idNuni Anggrainiedyhumaidi145@polinela.ac.id<p>Coffee ready to drink merupakan salah satu solusi meminum kopi ditengah aktifitas masyarakat, kopi siap minum kian berkembang dengan munculnya life style masyarakat dalam mengkonsumsi kopi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen yang mengkonsumsi coffee ready to drink, Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara accidental sampling. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan responden yang mengkonsumsi coffee ready to drink di dominasi oleh wanita dengan usia muda 20-25 tahun dan Pendidikan sarjana serta berstatus sebagai pelajar/mahasiswa.</p>2024-06-28T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen Agribisnis Terapan