Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Menggunakan Metode Bauran Pemasaran di CV XYZ Kabupaten Lampung Selatan

Penulis

  • Delsi veronica politeknik negeri lampung
  • Fitriani Fitriani politeknik negeri lampung
  • Luluk Irawati politeknik negeri lampung

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Telur Ayam Ras

Abstrak

CV XYZ merupakan salah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan ayam petelur. Tugas akhir ini bertujuan untuk menguraikan proses produksi telur di CV XYZ, proses pemasaran telur CV XYZ dan menganalisis strategi pemasaran telur ayam ras di CV XYZ menggunakan metode bauran pemasaran 4P (product, price, placedan promotion). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir adalah dengan cara melakukan pengamatan, wawancara, dokumentasi dan pencatatan selama kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) berlangsung Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menjelaskan bauran pemasaran. Berdasarkan  hasil pembahasan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Proses produksi yang dilakukan meliputi sanitasi kandang, pemberian dan perataan pakan ayam, pemberian vaksin dan vitamin serta kegiatan panen. 2). Proses pemasaran yang dilakukan terdiri dari persiapan produk, rekaman permintaan serta jadwal pengiriman dan transportasi. 3). Metode bauran pemasaran yang dilakukan adalah 4P yang meliputi Product, price, place, dan promotion. Produk yang dijual memiliki keunggulan memiliki NKV, telah lulus uji laboratorium dan memiliki produk unggulan telur omega 3 dan dijual dengan harga yang ditetapkan oleh Pinsar Petelur Nasional (PPN). Saluran distribusi yang digunakan adalah distribusi langsung dan saluran distribusi secara tidak langsung. Promosi yang dilakukan oleh CV XYZ adalah dengan menawarkan secara langsung kerja sama untuk penjualan produk mereka kepada pengelola pasar-pasar moderen dan calon konsumen lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z. 2003. Meningkatkan Produktivitas Ayam Ras Petelur. Agromedia Pustaka, Jakarta.

CV XYZ. 2022. Catatan pemeliharaan harian. Peternakan ayam petelur CV XYZ. Lampung Selatan.

Fitriani, F. 2015. Analisis Usaha Peternakan Ayam Petelur di Kecamatan Adiluwih, Pringsewu. .Jurnal Ilmiah ESAI, 379-387.

Fitriani, F. Ismono, H., & Rosanti, N. 2012. Egg Production and Distribution. Jurnal Ilmiah ESAI, 6 (1), 48-58.

Fitriani, F., Sutarni, S., Unteawati, B., Apriyani, M., Widyawati, D. K., & Berliana, D. (2021). Brand Equity Development Strategy To Enhance The Competitiveness Of Food Small-Medium Enterprise's (Smes): Case Studies On Fudia-Polinela Agri-Food Centre. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 20(2), 289-304.

Kementrian Pertanian RI. 2021. Statistik Pertanian. Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Muharlien. 2010. Meningkatkan Kualitas Telur Melalui Penambahan Teh Hijau Dalam Pakan Ayam Petelur. Jurusan Produksi ternak. Fakultas peternakan. Universitas Brawijaya. Malang.

Nova, Ilmia. 2014. Pengaruh Lama Penyimpanan Terhadap Kualitas Internal Telur Ayam Ras Pada Fase Produksi Pertama. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Setiawan, N. 2006. Perkembangan Konsumsi Protein Hewani di Indonesia: Analisis Hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional 2002-2005. Jurnal Ilmu Ternak, 6(1):68-74

Widyantara, I. Nyoman Padmadan I. Gusti Agung Ketut Sri Ardani.2017. Analisis Strategi Pemasaran Telur Ayam Studi Kasus di Desa Pesedahan dan Desa Bugbug Kabupaten Karangasem. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Bali

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

veronica, D., Fitriani, F., & Irawati, L. (2023). Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Menggunakan Metode Bauran Pemasaran di CV XYZ Kabupaten Lampung Selatan . Jurnal Manajemen Agribisnis Terapan, 1(2), 51-57. Diambil dari https://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3413

Terbitan

Bagian

Artikel