BIMTEK KELAYAKAN USAHA DAN PEMASARAN ANEKA OLAHAN SINGKONG SEBAGAI PANGAN ALTERNATIF DI DESA HUJAN MAS KECAMATAN ABUNG BARAT KABUPATEN LAMPUNG UTARA
DOI:
https://doi.org/10.25181/jpn.v1i1.1641Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Salah satu UMKM yang terdapat di Kabupaten Lampung Utara adalah Kelompok Wanita Tani Desa Hujan Mas yang bergerak dibidang singkong Kelompok Wanita Tani Desa Hujan Mas yang mendapat penerimaan baik oleh konsumen adalah kelanting dan keripik singkong Potensi pertama yaitu ketersediaan singkong sebagai bahan baku utama.  Selama kurang lebih dua tahun usaha yang dijalankan ini belum menunjukkan perkembangan dan dampak ekonomi yang signifikan terhadap kemajuan usahanya. Hal ini dapat dilihat dari masih terbatasnya wilayah distribusi yang hanya meliputi kecamatan Abung Barat dan sekitarnya. Kesulitan untuk memasarkan olahan singkong juga karena persaingan antara UMKM yang membuat persaingan semakin ketat dalam memperebutkan pasar. Pengabdian ini dilakukan dengan metode penyuluhan, sosialisasi, diskusi serta bimbingan teknis.Downloads
References
Assauri, Sofyan. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 1-10.Rajawali Pers: Jakarta.
Firdaus Muhammad. 2012. Pemasaran Dalam Agribisnis. Edisi 1. Bumi Aksara: Jakarta.
Jumingan. (2009). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kasmir dan Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wurdiyanti Yuli Astuti. (2013). “Profil UMKM Suksesâ€. Diambil dari:www.slideshare.net/wudriyantiyulia, pada tanggal 20 Januari 2020.