Penerapan Good Farming Practice (GFP) Di Peternakan Ayam Petelur PT LG Lampung Timur

Penulis

  • Lia Rismawati politeknik negeri lampung
  • Bina Unteawati politeknik negeri lampung
  • Fadila Marga Saty politeknik negeri lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/jumaat.v2i1.3620

Kata Kunci:

Ayam petelur, Good Farming Practice (GFP)

Abstrak

PT LG merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peternakan khususnya peternakan ayam petelur. Pemeliharaan ayam petelur membutuhkan penanganan yang baik agar dapat menghasilkan ayam dengan kualitas telur yang optimal. Oleh sebab itu, dilakukan penerapan Good Farming Practice (GFP) pada perusahaan sebagai pedoman budi daya ternak ayam petelur yang baik. Sistem pemeliharaan yang diterapkan dengan baik dapat menekan angka kematian pada ternak menjadi lebih rendah, sehingga jumlah telur yang diproduksi dapat meningkat. Tujuan karya ilmiah ini adalah (1) Mengidentifikasi kegiatan proses produksi telur dan (2) Menjelakan penerapan Good Farming Practice (GFP) di PT LG. Metode analisis yang digunakan dalam penyusunan karya ilmiah ini adalah metode kualitatif, pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan data sekunder. Kegiatan proses produksi di peternakan ayam petelur pada PT LG terdiri dari pemilihan jenis bibit ayam, pemberian pakan, pemberian air minum, pengaturan suhu kandang, dan pengendalian penyakit, sehingga perlu membangun kandang isolasi dan sistem biosecurity farm yang mendukung. Penerapan Good Farming Practice (GFP) menjadi pedoman budidaya ternak ayam petelur yang baik berdasarkan Permentan Nomor: 31/Permentan/OT.140/2/2014 bagi peternakan pada PT LG agar tingkat mortalitasnya berada dalam batas toleransi (0,01-0,3%).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fadilah, R. 2004. Ayam Broiler Komersial. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Hasan, I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian & Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hendrix genetics company, 2011. Jurnal ayam petelur Isa Brown. Jakarta; ISA Company.

Kasnodiharjo dan Friskarini, K. 2013. Sanitasi Lingkungan Kandang, Perilaku, dan Flu Burung. Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional (National Public Health Journal)" (https://journal.fkm.ui.ac.id/kesm as/article/view/357). Diakses pada 25 Juli 2022.

Murtidjo, B. A. 1992. Mengelola Ayam Buras. Kanisius, Yogyakarta.

[Permentan] Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 2014, tentang Pedoman Budi Daya Ayam Pedaging dan Ayam Petelur yang Baik. Diakses pada 27 Agustus 2022.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 20 2010, tentang Sistem Jaminan Mutu Pangan Hasil Pertanian. Diakses pada 30 Agustus 2022.

Rasyaf, M. 2008. Panduan Beternak Ayam Petelur. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rasyaf, M. 1995. Pengelolaan Usaha Peternakan Ayam pedaging. Penerbit PT Swadaya, Jakarta.

Setyono, D, J. Maria dan Suharti. 2013. Sukses Meningkatkan Produksi Ayam Petelur. Penebar Swadaya. Jakarta Timur.

Sudarmono. 2003. Pedoman Pemeliharaan Ayam Ras Petelur. Kanasius, Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Rismawati, L., Unteawati, B., & Marga Saty, F. (2024). Penerapan Good Farming Practice (GFP) Di Peternakan Ayam Petelur PT LG Lampung Timur. Jurnal Manajemen Agribisnis Terapan, 2(1), 25-33. https://doi.org/10.25181/jumaat.v2i1.3620

Terbitan

Bagian

Artikel