Evaluasi Tata Letak Fasilitas Produksi Pada Proses Produksi Madu di PT VXZ

Penulis

  • Aulia Khoirunnisa Politeknik Negeri Lampung
  • Edy Humaidi Politeknik Negeri Lampung
  • Muhammad Zaini Politeknik Negeri Lampung

Kata Kunci:

Kata Kunci: Tata letak fasilitas, proses produksi madu, evaluasi

Abstrak

PT VXZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang usaha budidaya lebah madu yang memproduksi madu murni tanpa campuran dengan jenis lebah bersengat dan lebah tanpa  sengat.  Permasalahan  yang  terjadi  PT VXZ berkaitan  pada  tata letak fasilitas produksi yaitu: 1) Minimnya pengawasan terhadap sarana dan prasarana seperti mesin peralatan. Hal ini dilihat dari cara pekerja yang melakukan pengemasan dan pelabellan madu diruang packing dengan menggunakan mesin capping botol. Alat yang digunakan pernah terkendala pada baut yang terlepas dari mesinnya, sehingga membuat pekerjaan menjadi terhambat, 2) Tata letak fasilitas di ruang produksi belum memiliki tata letak ruang yang sesuai dengan urutan proses, sehingga menjadi tidak efektif 3) Fasilitas ruang yang belum terpenuhi mengakibatkan proses pelabellan produk jadi satu ruang dengan ruang packing madu. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah 1) Mendeskripsikan proses produksi madu dan tata letak fasilitas produksi madu di PT VXZ, 2) Mengevaluasi tata letak fasilitas produksi pada proses produksi madu di PT VXZ agar lebih efektif dan efisien. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil evaluasi rencana tata letak yang diperoleh dari penelitian ini yaitu menggunakan jenis tata letak berdasar produk dan pola tata letak garis/straightline jenis tata letak ini berkaitan dengan proses produksi di PT VXZ dan pola tata letak garis lebih mudah dalam pengaturan fasilitas produksi yang terletak di dalam ruang produksi serta aliran bahan yang akan di produksi lebih cepat terproses, pekerjaan menjadi lebih terarah, efektif dan efisien.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aidah, S. N. 2020. Manisnya Budidaya Lebah Madu. KBM Indonesia.Yogyakarta.

Pahira. 2018. Analisis Tata Letak Fasilitas Produksi Pada Proses Produksi Mie Telor Usaha Dagang (UD) Sumber Rezeki Di Kota Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Heizer, Jay dan Render. 2007. Manajemen Operasi Bahan Penerjemah; Ivan Kurniawan. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Khoirunnisa, A., Humaidi, E., & Zaini, M. . (2023). Evaluasi Tata Letak Fasilitas Produksi Pada Proses Produksi Madu di PT VXZ. Jurnal Manajemen Agribisnis Terapan, 1(1), 32-36. Diambil dari https://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3062

Terbitan

Bagian

Artikel