Strategi Pemasaran Pada Benih Jagung BISI 99

Penulis

  • Wenia Elfinta Politeknik Negeri Lampung
  • Kusmaria Politeknik Negeri Lampung
  • Bina Unteawati Politeknik Negeri Lampung

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran

Abstrak

UD ABCD merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan sarana produksi pertanian.UD ABCD memiliki masalah pada pemasaran benih jagung BISI-99.Penulisan tugas akhir bertujuan untuk (1) menganalisis strategi bauran pemasaran benih jagung BISI-99 di UD ABCD Punggur Lampung Tengah dengan metode 4P (2) menganalisis strategi pemasaran dengan metode SWOT.Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa (1)strategi pemasaran benih jagung 4P yaitu(a) benih jagung BISI-99 memiliki keunggulan pada mudahnya penanganan pasca panen dan memiliki sertifikat benih unggul, (b) harga benih jagung BISI-99 adalah Rp80.000/kg, (c) UD ABCD melakukan promosi secara langsung, dan promosi secara online, (d) Lokasi UD ABCD berpusat di kecamatan Punggur. (2) Strategi pemasaran benih menggunakan analisis SWOT menghasilkan strategi progresif yaitu meningkatkan kualitas pelayanan, menjaga kualitas produk, menjalin hubungan yang baik dengan jaringan pemasaran yang sudah ada.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggara, R. W., Anggraini, N., Lurrohman, K., Sitanggang, R., & Fransiska, W. F. (2022). Marketing and Financial Aspects Of Balado Banado Chips Processing Business In Bandar Lampung City. Economic Management and Social Sciences Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56787/ecomans.v1i1.4

Fitriani, F. 2017. Pertanian Perdesaan Lampung: Peluang dan Tantangan Lampung Rural Agriculture; Opportunities And Challenges F. Journal of Food System and Agribusiness.

Kiswanto. 2018. Bercocok Tanam Jagung. Yogyakarta: Rubrik.

PT Bisi Internasional Tbk. 2019.https://jagungbisi.com/di-hutan-bisi-99-sangat-menawan/.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UD ABCD. 2022. Laporan Penjualan Benih BISI-99 . Lampung Tengah: UD ABCD.

Unteawati, B., & Fitriani, F. 2007. Analisis Kelayakan Pasar Tahu Produksi Polinela. Jurnal Ilmiah ESAI, 1(1), 38-51.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Elfinta, W., Kusmaria, & Unteawati, B. (2023). Strategi Pemasaran Pada Benih Jagung BISI 99. Jurnal Manajemen Agribisnis Terapan, 1(1), 26-31. Diambil dari https://jurnal.polinela.ac.id/jumaat/article/view/3061

Terbitan

Bagian

Artikel