DIVERSIFIKASI KOPI MENJADI MASKER SEBAGAI PRODUK UNGGULAN KELOMPOK WANITA TANI DESA MANGGARAI, KECAMATAN AIR HITAM, KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Authors

  • Ali Rahmat Jurusan Ilmu Tanah http://orcid.org/0000-0003-3475-775X
  • Nurul Farida Universitas Lampung
  • Yuni Sadikin Universitas Lampung
  • Winih Sekaringtyas Ramadhani Universitas Lampung
  • Helvi Yanfika Universitas Lampung
  • Abdul Mutolib Universitas Lampung
  • Raden Ajeng Diana Widyastuti Universitas Lampung

Abstract

Pelatihan pembuatan dan pengemasan masker kopi dilatarbelakangi oleh banyaknya produksi kopi di Desa Manggarai, salah satu desa peghasil kopi robusta di Kabupaten Lampung Barat. Namun, karena minimnya infomasi, pengalaman dan edukasi, kopi hanya dijual dalam bentuk mentah atau bubuk kopi saja, oleh sebab itu diperlukan adanya diversivikasi olahan kopi yang dapat meningkatkan nilai jual kopi, salah satunya adalah masker berbahan dasar kopi. Kegiatan ini dilaksanAkan pada 25 Januari 2020 di Desa Manggarai dengan diikuti oleh 24 peserta dari ibu ibu kelompok wanita tani dan BUMDES dengan di pandu dengan mahasiswa KKN Unila. Kegiatan yang dilakukan yaitu dimulai dengan penjelasan mengenai produk turunan dari kopi yang dapat dimanfaatkan sebagai masker yang berfungsi sebagai produk perawatan wajah, kemudian dilanjutkan praktik pembuatan masker. Masker berbahan dasar campuran antara kopi, kunyit dan beras dimana ketiga bahan tersebut masing masing diblender kemudian dicampur menjadi satu, setelah itu dilakukan pengemasan dan ditempel stiker yang telah didesain sebelumnya. Dari kegiatan tersebut diharapkan peserta dapat mengadopsi dan menduplikasi sebagai produk unggulan desa yang dapat di jual melalui BUMDES. Testimoni peserta yang mencoba adalah jerawat menjadi cepat kempes dan adanya rasa lebih baik/segar pada wajah setelah memakai masker.

References

Oktaviana, M., Yenny, S. W. 2019. Perkembangan Penggunaan Kosmeseutikal Herbal Pada Terapi Melasma. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(3) : 717-725.

Rohmah, A.R. 2016. Pengaruh Proporsi Kulit Buah Kopi dan Oatmeal Terhadap Hasil Jadi Masker Tradisional untuk Perawatan Kulit Wajah. E-Journal Universitas Negeri Surabaya. 05(03) : 73-79.

Suranny L. E., dan Wagino. 2019. Pengembangan Potensi Kopi Ndorog Wonogiri Menjadi Komoditas Unggulan yang Berkelanjutan. Jurnal INISIASI 8 (2): 77-84.

Wulandari, A., Rustiani E., Noorlaela E., dan Agustina, P. 2019. Formulasi Ekstraksi dan Biji Kopi Robusta dalam Sediaan Masker Gel Peel Off untuk Meningkatkan Kelembapan dan Kehalusan Kulit. Fitofarmaka Hurnal Ilmiah Farmasi. 9 (2) : 77-85.

https://www.radarlambar.com/2019/01/produksi-kopi-robusta-lambar-capai-52.html

Published

2020-08-04

How to Cite

Rahmat, A., Farida, N., Sadikin, Y., Ramadhani, W. S., Yanfika, H., Mutolib, A., & Widyastuti, R. A. D. (2020). DIVERSIFIKASI KOPI MENJADI MASKER SEBAGAI PRODUK UNGGULAN KELOMPOK WANITA TANI DESA MANGGARAI, KECAMATAN AIR HITAM, KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Jurnal Pengabdian Nasional, 1(1). Retrieved from https://jurnal.polinela.ac.id/index.php/JPN/article/view/1580

Issue

Section

Artikel