PENGOLAHAN IKAN DURI LUNAK (PRESTO) SECARA MODERN

Authors

  • Hastri firharmawan Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Rennanti Lunnadiyah Aprilia Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Fahri Ali Politeknik Negeri Lampung

Abstract

Potensi perikanan di Kabupaten Kebumen cukup besar. Oleh karena itu, perlu adanya pengelolaan terhadap potensi tersebut sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan melakukan diversivikasi olahan hasil perikanan. Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk memberdayakan mitra melalui pengolahan ikan duri lunak atau presto secara modern. Metode pelaksanaan PKM ini dilakukan dengan cara penyuluhan, demonstrasi, dan pendampingan. Dari pelaksanaan PKM dihasilkan: 1) Terdapat peningkatan pengetahuan mitra terkait peluang usaha dan diversifikasi pengolahan ikan duri lunak, 2) Pengadaan peralatan penunjang dan pelatihan atau praktik pengolahan ikan bandeng (presto) duri lunak secara modern sangat bermanfaat bagi mitra PKM; dan, 3) Pendampingan promosi dan penjualan menjadi faktor pendukung untuk kelangsungan keberdayaan mitra. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan PKM ini berjalan efektif. Akan tetapi, agar pemberdayaan mitra dapat berjalan sesuai harapan, maka perlu adanya dukungan dari berbagai pihak terkait secara terus-menerus.

References

Aditya, F. 2008. Pengujian Daya Awet Ikan Bandeng (Channos channos Forsk) duri lunak secara organoleptik di Kota Semarang. Laporan Praktek Kerja Lapangan. Universitas Diponegoro Semarang.

Arifudin, R. 1983. Bandeng duri lunak dalam Kumpulan Hasil Penelitian Teknologi Pasca Panen Perikanan. BPTP. Jakarta.

Arifudin, R. 1988. Bandeng Presto dalam Kumpulan Hasil Penelitian Teknologi Pasca Panen Perikanan. BPTP. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Banjarnegara. 2017. Kabupaten Banjarnegara Dalam Angka 2017. BPS Kabupaten Banjarnegara, Banjarnegara.

Badan Standardisasi Nasional. 2006. Standar Nasional Idonesia No. 4106.1-2006 Bandeng Presto Bagian I. Jakarta.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen. 2017. Laporan Tahunan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen 2017. Dinlutkan Kabupaten Kebumen, Kebumen.

Hall, T. 2005. Bandeng Presto (Ikan Duri Lunak). http:/www.dev.p3internasional.org/groups/content/ind/tpa-1-2-8.html

Romadhon, A. Suhaeli Fahmi, dan Eko Susanto. 2008. Pemanfaatan Asap Cair (Liquid Smoke) dan Chitosan Sebagai Pilihan Alternatif untuk Memperpanjang Daya Simpan Produk Bandeng Duri Lunak. Laporan Penelitian Dosen Muda.

Published

2020-08-04

How to Cite

firharmawan, H., Aprilia, R. L., & Ali, F. (2020). PENGOLAHAN IKAN DURI LUNAK (PRESTO) SECARA MODERN. Jurnal Pengabdian Nasional, 1(1). Retrieved from https://jurnal.polinela.ac.id/index.php/JPN/article/view/1577

Issue

Section

Artikel