Pengaruh Ukuran Partikel dan Jumlah Carbon Black terhadap Kekerasan dan Kekuatan Tarik Kompon Karet untuk Pembuatan Footstep Sepeda Motor
DOI:
https://doi.org/10.25181/prosemnas.v2018i0.1183Abstrak
One of the problems encountered at the time of manufacture of rubber finished goods is to determine precisely the value of hardness, and tensile strength of rubber finished products because it is one of the essential physical properties in designing rubber finished goods. The purpose of this study is to determine the effect of the amount of filler material to the hardness and tensile strength of footstep motorcycle compound. The experiment was carried out by experimenting with six compound formulas using natural rubber and chemicals. The experimental compound will be compared to the manufactured product compound (FP) by analysing the hardness value (Hardness, Shore A) and tensile strength (N/mm2). The results of different particle sizes and amounts of carbon black are significantly different to hardness and tensile strength value. The same hardness value as the manufacturer’s product is carbon black N 330 and N660 with 45 phr. Keywords: footstep, hardness, the particle size of carbon black, tensile strengthUnduhan
Referensi
Abidin, Z. Limbong, H.P. 2017. Pemanfaatan serbuk arang cangkang kelapa sawit sebagai substitusi carbon
black untuk bahan pengisi kompon karet. Jurnal Riset Teknologi Industri, 11(1):66-75.
CDM Training Centre. 2016. Bimbingan Teknis Manufaktur Produk Karet. Makalah Pelatihan barang Jadi
Karet. Bandung.
Daud, D dan Suharman. 2016. Pemanfaatan Karet Limbah Industri Crumb Rubber Sebagai Substitusi Karet
SIR Pada Pembuatan Suku Cadang Sepeda Motor. Prosiding Seminar Nasional Kulit, Karet dan
Plastik Ke-5 ISSN : 2477-3298. Yogyakarta
Delvitasari, F., Maryanti, Winarto. 2017. Pengaruh jumlah bahan pengisi terhadap kekerasan kompon
footstep sepeda motor. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian Politeknik
Negeri Lampung 07 September 2017.
Hendrawan, M.A dan P.I, Purboputro. 2015. Studi Karakteristik Sifat Mekanik Kompon Karet Dengan
Variasi Komposisi Sulfur dan Carbon Black Sebagai Bahan Dasar Ban Luar. Simposium Nasional
Teknologi Terapan (SNTT)3 2015 ISSN: 2339â€028X. Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
Lestari, S.B.P. 2007. Pembuatan Kompon Cincin Karet Perapat Air Minum. Majalah Karet, Kulit dan
Plastik. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20543/mkkp.v23i1.337
Maryanti, Delvitasari, F., Winarto. 2018. Karakteristik sifat fisika kompon karet alam sebagai bahan dasar
footstep sepeda motor dengan berbagai formula. Jurnal Dinamika Penelitian Industri 29(1): 29-34
Prasetya, H.A. 2012. Arang aktif serbuk gergaji sebagai bahan pengisi untuk pembuatan kompon ban luar
kendaraan bermotor. Jurnal Riset Industri, VI(2): 165-173
Pratama, R.A. 2017. Pengaruh Struktur Agregat Karbon Hitam Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Karet
Alam. [Skripsi]. Jurusan Teknik Mesin. Universitas Lampung.
Rencana Pelaksanaan Program Pengembangan Pendidikan Politeknik Negeri. 2014. Politeknik Negeri
Lampung.
Winarto, Maryanti dan Delvitasari, F. 2017. Studi Karakteristik Sifat Fisika Kompon karet sebagai bahan
dasar footstep sepeda motor. Laporan Hasil Penelitian Polinela.