Pengaruh Ukuran Partikel dan Jumlah Carbon Black terhadap Kekerasan dan Kekuatan Tarik Kompon Karet untuk Pembuatan Footstep Sepeda Motor

Penulis

  • Maryanti Maryanti Politeknik Negeri Lampung
  • Febrina Delvitasari Politeknik Negeri Lampung
  • Winarto Winarto Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/prosemnas.v2018i0.1183

Abstrak

One of the problems encountered at the time of manufacture of rubber finished goods is to determine precisely the value of hardness, and tensile strength of rubber finished products because it is one of the essential physical properties in designing rubber finished goods. The purpose of this study is to determine the effect of the amount of filler material to the hardness and tensile strength of footstep motorcycle compound. The experiment was carried out by experimenting with six compound formulas using natural rubber and chemicals. The experimental compound will be compared to the manufactured product compound (FP) by analysing the hardness value (Hardness, Shore A) and tensile strength (N/mm2). The results of different particle sizes and amounts of carbon black are significantly different to hardness and tensile strength value. The same hardness value as the manufacturer’s product is carbon black N 330 and N660 with 45 phr. Keywords: footstep, hardness, the particle size of carbon black, tensile strength

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z. Limbong, H.P. 2017. Pemanfaatan serbuk arang cangkang kelapa sawit sebagai substitusi carbon

black untuk bahan pengisi kompon karet. Jurnal Riset Teknologi Industri, 11(1):66-75.

CDM Training Centre. 2016. Bimbingan Teknis Manufaktur Produk Karet. Makalah Pelatihan barang Jadi

Karet. Bandung.

Daud, D dan Suharman. 2016. Pemanfaatan Karet Limbah Industri Crumb Rubber Sebagai Substitusi Karet

SIR Pada Pembuatan Suku Cadang Sepeda Motor. Prosiding Seminar Nasional Kulit, Karet dan

Plastik Ke-5 ISSN : 2477-3298. Yogyakarta

Delvitasari, F., Maryanti, Winarto. 2017. Pengaruh jumlah bahan pengisi terhadap kekerasan kompon

footstep sepeda motor. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian Politeknik

Negeri Lampung 07 September 2017.

Hendrawan, M.A dan P.I, Purboputro. 2015. Studi Karakteristik Sifat Mekanik Kompon Karet Dengan

Variasi Komposisi Sulfur dan Carbon Black Sebagai Bahan Dasar Ban Luar. Simposium Nasional

Teknologi Terapan (SNTT)3 2015 ISSN: 2339â€028X. Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

Lestari, S.B.P. 2007. Pembuatan Kompon Cincin Karet Perapat Air Minum. Majalah Karet, Kulit dan

Plastik. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20543/mkkp.v23i1.337

Maryanti, Delvitasari, F., Winarto. 2018. Karakteristik sifat fisika kompon karet alam sebagai bahan dasar

footstep sepeda motor dengan berbagai formula. Jurnal Dinamika Penelitian Industri 29(1): 29-34

Prasetya, H.A. 2012. Arang aktif serbuk gergaji sebagai bahan pengisi untuk pembuatan kompon ban luar

kendaraan bermotor. Jurnal Riset Industri, VI(2): 165-173

Pratama, R.A. 2017. Pengaruh Struktur Agregat Karbon Hitam Terhadap Kekuatan Tarik Komposit Karet

Alam. [Skripsi]. Jurusan Teknik Mesin. Universitas Lampung.

Rencana Pelaksanaan Program Pengembangan Pendidikan Politeknik Negeri. 2014. Politeknik Negeri

Lampung.

Winarto, Maryanti dan Delvitasari, F. 2017. Studi Karakteristik Sifat Fisika Kompon karet sebagai bahan

dasar footstep sepeda motor. Laporan Hasil Penelitian Polinela.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-19

Terbitan

Bagian

Artikel