METODE PENDAMPINGAN LEARNING COMMUNITY STATION PADA ANAK-ANAK KOMUNITAS JENDELA LAMPUNG KOTA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Marlinda Apriyani Politeknik Negeri Lampung
  • Tunjung Andarwangi Politeknik Negeri Lampung
  • Rini Desfaryani Politeknik Negeri Lampung
  • Sudiyo Sudiyo Politeknik Negeri Lampung
  • Teguh Budi Trisnanto Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/jpn.v5i1.3517

Abstract

Mitra kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah Komunitas Jendela Lampung (KJL).  KJL merupakan komunitas sosial di Bandar Lampung yang dikelola dan digerakkan oleh para volunteer yang berasal dari berbagai latar belakang dan bekerja secara sukarela.  Fokus kegiatan KJL yaitu pada segi pengembangan pendidikan anak terutama pada minat baca anak.  Pendampingan terhadap anak-anak dari keluarga marginal dilakukan dengan metode Learning Community Station (LCS).  LCS merupakan komunitas belajar yang berfokus pada pendampingan literasi anak-anak. Melalui program Learning Station Community, anak jalanan diberikan pendampingan baik hardskill maupun softskill.  Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk (1) meningkatkan pengetahuan anak-anak dari keluarga marginal tentang kekerasan seksual, (2) meningkatkan motivasi anak-anak dari keluarga marginal untuk rajin belajar dan membaca, dan (3) meningkatkan motivasi anak-anak dari keluarga marginal untuk melanjutkan Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-19

How to Cite

Apriyani, M., Andarwangi, T. ., Desfaryani, R., Sudiyo, S., & Trisnanto, T. B. (2024). METODE PENDAMPINGAN LEARNING COMMUNITY STATION PADA ANAK-ANAK KOMUNITAS JENDELA LAMPUNG KOTA BANDAR LAMPUNG . Jurnal Pengabdian Nasional, 5(1), 26-30. https://doi.org/10.25181/jpn.v5i1.3517

Issue

Section

Artikel