PENDAMPINGAN DAN PENERAPAN PRODUKSI BERSIH MELALUI PENGELOLAAN TERPADU LIMBAH USAHA SAPI PERAH DI GISTING DAIRY FARM (GDF)

Authors

  • Imelda Panjaitan Politeknik Negeri Lampung
  • Tri Rumiyani Politeknik Negeri Lampung
  • Cintia Agustin Patria Politeknik Negeri Lampung
  • Anjar Sofiana Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/jpn.v5i1.3516

Abstract

Gisting Dairy Farm (GDF) merupakan UMKM, bergerak dalam usaha sapi perah di Desa Sidokaton Gisting, Tanggamus dan dikelola secara mandiri. System pemeliharaan sudah tertata dan tersedia sumber air bor yang setiap saat digunakan untuk pembersihan kandang dan memandikan sapi. Populasi saat ini 41 ekor (25 ekor sapi dewasa). Jika rata- rata per ekor sapi menghasilkan feses 15 - 20 kg setiap hari, artinya akan dihasilkan 615 – 1.230 kg kotoran sapi per hari (224.475 – 448.950 kg/tahun), belum termasuk urin dan air memandikan sapi dan membersihkan kandang yang dilakukan setiap hari. Dengan lahan yang sangat terbatas, usaha ternak sapi perah GDF sangat berpotensi mencemari lingkungan disekitarnya. Tidak optimalnya pengolahan limbah disebabkan :1) Minimnya pengetahuan SDM Gisting Dairy farm mengenai pengelolaan limbah, kaitannya dengan perbaikan kualitas lingkungan. 2) SDM Gisting Dairy Farm belum mengetahui model dan teknologi pengolahan limbah dan manfaat pengolahan kaitannya dengan produksi bersih usaha sapi perah; 3) SDM Gisting Dairy Farm belum mengerti mengolah limbah menjadi pupuk organik maka perlu dilakukan pendampingan. Solusi yang ditawarkan : 1) Mensosialisasikan model dan teknologi pengolahan limbah dan manfaat pengolahan kaitannya dengan produksi bersih usaha sapi perah; 2) Merancang dan membuat  model pengelolaan limbah di GDF; 3) Mendemonstrasikan pengolahan limbah menjadi pupuk organic dan membuat demplot percontohan  tanman hijauan pakan ternak. 4) Melakukan pendampingan dalam proses penerapan/implementasi produksi bersih melalui pengelolaan terpadu limbah yang diproduksi pada usaha mitra, disertai dengan evaluasi.  Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : (1) Pemahaman SDM mitra terkait produksi bersih pada usaha sapi perah meningkat; (2) SDM mitra mampu mengoah limbah menjadi pupuk organic (kompos); (3) Terjadi perbaikan lingkungan yang signifikan melalui penerapan produksi bersih, limbah yang terbuang ke lingkungan menurun; (4) Implementasi produksi bersih pada usaha sapi perah di GDF mampu  meningkatkan  tanbahan pendapatan bagi  sistem  tersebut  (B/C  Ratio  >0,12). 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-19

How to Cite

Panjaitan, I., Rumiyani, T. ., Agustin Patria, C., & Sofiana, A. (2024). PENDAMPINGAN DAN PENERAPAN PRODUKSI BERSIH MELALUI PENGELOLAAN TERPADU LIMBAH USAHA SAPI PERAH DI GISTING DAIRY FARM (GDF) . Jurnal Pengabdian Nasional, 5(1), 18-25. https://doi.org/10.25181/jpn.v5i1.3516

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)