OPTIMALISASI PEMASARAN WEDANG UWUH MELALUI PROMOSI PADA INSTAGRAM DI UMKM TARUNA AGRO NUSANTARA, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL

Authors

  • Rifangi Khoirul Hidayatulloh Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Endah Puspitojati Polytechnic of Agricultural Development of Yogyakarta Magelang
  • R. Hermawan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang

Abstract

UMKM Taruna Agro Nusantara merupakan UMKM yang sedang berkembang di bidang tanaman biofarmaka yang dimulai dari budidaya tanaman, pengolahan hasil budidaya tanaman, sampai dengan penjualan produk hasil olahan. UMKM ini melibatkan pemberdayaan wanita tani di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi pemasaran dan efektifitas promosi instagram Wedang Uwuh menggunakan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Kegiatan penelitian ini dilakukan di UMKM Taruna Agro Nusantara pada bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2023 dengan metode penelitian yang digunakan adalah deskrpitif kualitatif dan kuantitatif. Pemilihan lokasi penelitian ini dilakukan secara purposive, sedangkan untuk pengambilan sampel responden menggunakan purposive sampling dengan populasi berupa followers yang mengikuti Instagram UMKM Taruna Agro Nusantara sampai akhir bulan Maret 2023. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder sebagai data pendukung. Data yang terkumpul melalui wawancara langsung dengan pemilik perusahaan dan dari responden menggunakan kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbandingan sebelum dan sesudah dilakukan optimalisasi pemasaran melalui promosi pada media sosial Instagram pada Wedang Uwuh, kemudian dari perhitungan efektivitas promosi pada Instagram Taruna UMKM Taruna Agro Nusantara diketahui bahwa promosi dikategorikan efektif dengan nilai efektivitas tahapan Attention sebesar 76%, tahapan Interest sebesar 78%, tahapan Desire sebesar 76%, serta tahapan Action sebesar 73%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Hidayatulloh, R. K., Puspitojati, E., & Hermawan, R. (2023). OPTIMALISASI PEMASARAN WEDANG UWUH MELALUI PROMOSI PADA INSTAGRAM DI UMKM TARUNA AGRO NUSANTARA, KECAMATAN IMOGIRI, KABUPATEN BANTUL. Jurnal Pengabdian Nasional, 4(2), 13-28. Retrieved from https://jurnal.polinela.ac.id/JPN/article/view/3222

Issue

Section

Artikel