Korelasi antara Strategi Belajar Metakognitif dengan Prestasi Belajar Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.25181/esai.v1i1.1368Abstrak
Strategi belajar adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam menguasai bahasa asing. Dari penelitian yang sudah pernah dilakukan disimpulkan bahwa Strategi Belajar Metacognitive terbukti efektif dalam proses penguasaan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi pemakaian strategi belajar metacognitive dan korelasi antara pemakaian strategi tersebut dan penguasaan bahasa Inggris siswa. Kuesioner yang dipakai untuk mengukur penggunaan Strategi Belajar Metacognitive diadaptasi dari Strategy Inventory for Language Learning (Rebecca L, Oxford 1998), sedangkan penguasaan bahasa Ingris siwa diukur melalui hasil semester tes. Data menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara Strategi Belajar metacognitive dan penguasaan bahasa Inggris siswa. Key words: metacognitive, correlation, English achievementUnduhan
Referensi
Gardner, R.C, 1990. Attitudes, Motivation, and Personality as Predictor of Success in Foreign Language Learning. In Thomas S. Parry and C.W. Stansfield (Eds), Language Attitude Reconsidered, New Jersey: Center for Applied Linguistics.
Hismonoglu, Murat, 1997. Language Learning Strategies in Foreign Language Learning and Teaching. Haccettepe University.
Oxford, Rebecca L, 1990. Language Learning Strategies. A Malaysian Perspective. In Ghristopher Ward and Willy. SEAMEO Regional Language
Centre.
Setiyadi, Ag. Bambang, 1999. A Survey of The Language Learning Strategies of Tertiary, EFL students in Indonesia. Ph.D Thesis. La Trobe University.
Setiyadi, Ag. Bambang, 2000. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa Inggris FKIP Unila. Bandarlampung.
Setiyadi, Ag. Bambang, 2002. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa Inggris FKIP Unila. Bandarlampung.
Wenden, Anita and Joan Rubin, 1990. Learning Strategies in Language Learning, London Prentice Hall, Int.