The Influence Of Games Toward Student’s English Vocabulary Building At The Second Semester Students Of The State Polytechnic Of Lampung
DOI:
https://doi.org/10.25181/esai.v4i3.1345Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi game atau permainan apa yang disenangi oleh mahasiswa dan untuk menemukan apakah ada pengaruh bagi mahasiswa dalam belajar kosa kata Bahasa Inggris melalui game atau permainan. Ada 320 mahasiswa Politeknik Negeri Lampung semester dua dari 11 program studi. Perlakuan yang digunakan adalah empat jenis game atau permainan; Concentration Games, go fish, hangman, Jumbled letters..Pada penelitian ini, penulis akan menggunakan posttest pretest of true experimental design. Dua kelompok akan memakai disain ini: satu kelompok ( para mahasiswa dari lima program studi), menerima perlakuan dengan menggunakan empat jenis game atau permainan sebagai experiment group sedangkan kelompok yang kedua( para mahasiswa dari lima program studi yang lain) tidak menerima perlakuan seperti kelompok pertama sebagai control group. Kedua kelompok diberi suatu posttest dan pretest. Ada pengaruh yang nyata dari menggunakan game terhadap pengembangan kosa kata bahasa Inggris maha siswa. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil T-Test, bahwa T-Ratio adalah lebih tinggi dibanding yang T-table Di tingkatan dari 0.05. Di dalam experiment group , yang menggunakan games, telah terbukti dengan melihat hasil dari F value di dalam holiustic score  adalah lebih tinggi dibanding yang F-table Ditingkatan 0.05. Experiment groups , yang diberi game, memberi hasil yang lebih tinggi dibanding control group, yang tidak diberi game Sebab dengan di beri game mahasiswa mempunyai lebih banyak kesempatan untuk mengekspresikan kata-kata mereka dengan bebas. Key words  : experimental design, opportunities, pretest posttest, control groups,                       holiustic scoreDownloads
References
Algarabel, S. and Dasi, C. 2001. The Definition of Achievement and the Construction of Test for its Measurement : A review of the Main Trends. Psicologica. New York
Asher, James J. 1982. Learning Another Language through Actions. The Complete Teacher’s Guide Book. 2nd ed. Sky Oaks Production, Inc. California. USA
Banathy, Bela H. 1976. Instructional System. A paper presented in penataran/ Nasional Inovasi dan Teknologi Pendidikan. Peningktan Program Pengembangan Ketenagaan. IKIP Negeri Jakarta.
Candlin, Christopher, N. 1987. Learner Strategies in Language Learning. Cambridge, Prentice Hall, Inc. University Press, New York
Chastain, Kenneth. 1976. Developing Second Language Skills. 2nd ed. Rand McNally College Publishing Company. Chicago
Hornby, A.s. 1984. Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English. Oxford University Press, USA.
Nation, I. S. P. 1990. Teaching and Learning Vocabulary. Heinle and Heinle. Boston. USA.
Nurweni, Ari. 1999. The English Vocabulary Knowledge of Indonesian University Students. Pergamon Press. USA.
Krashen, Stephen. 1983. The Natural Approach: Language Acquisition in the Classroom. Pergamon Press. New York.
Paulston, Christina Bratt. 1976. Teaching English as a Second Language : Techniques and Procedures. Little Brown Company. Boston. USA
Supranto, J. 2000. Statistik Teori dan Aplikasi. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Usman Husaini. 2000. Pengantar Statistika. Bumi Aksara. Jakarta.
Wallace, Michael. 1982. Teaching Vocabulary. Heineman Educational Books Ltd. London
Yusep, WAW. 2005. Jurnal RAGAM Volume 5 No.2 Agustus . Politeknik
Negeri Semarang.