Karakteristik Desain Kapal Purse Seine Di Kabupaten Bulukumba

Penulis

  • Muh Quraisyin Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.25181/marshela.v2i2.3662

Kata Kunci:

Purse Seine, Karakteristik Desain Kapal, Maxsurf, Bulukumba

Abstrak

Salah satu kelayakan sebuah kapal penangkap ikan adalah dengan menganalisis karakteristik desain kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik desain kapal berdasarkan rasio dimensi utama, general arrangement dan bentuk lambung kapal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus dan deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik desain. Pengambilan data dilakukan di Kabupaten Bulukumba dengan menggunakan tiga objek kapal purse seine. Analisis dilakukan secara numerik dengan menggunakan perhitungan arsitektur kapal dan simulasi menggunakan program Maxsurf V.8i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapal sampel di lapangan tidak sesuai dengan kriteria dimensi utama dan parameter hidrostatik untuk jenis kapal purse seine. Susunan umum setiap jenis ukuran kapal memiliki kemiripan dalam mendukung operasi penangkapan ikan. Bentuk sarat kapal pada bagian depan berbentuk V-bottom, sedangkan pada bagian tengah kapal berbentuk U-V bottom, dan pada bagian buritan berbentuk round flat bottom. Hal ini mengindikasikan bahwa perubahan tinggi dan lebar dengan panjang yang tetap pada kapal sampel perlu dilakukan untuk memenuhi kriteria nilai standar dimensi utama dan parameter hidrostatik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Apriliani, Izza. M., Khan, Alexander. MA., Putra, Pringgo KDNY., Fitriyani, P., (2021). Karakteristik Desain Kapal Bantuan Kementerian Kelautan Dan Perikanan Di Kabupaten Subang. Albacore. Vol. 5, No. 3; Hal 243 – 249. http://dx.doi.org/10.29244/core.5.3.243-249

Ayodhyoa, A. U. 1972. An Introduction to Fish Boats. Bogor Agricultural Institute. Bogor 84pp.

Chang B.C. (2008). On the Parametric Rolling of Ships Using a Numerical Simulation Method. Department of Naval Architecture, National Kaohsiung Marine University, Kaohsiung, Taiwan. Ocean Engineering, Volume 35, Issues 5-6, Pages 447-457. http://dx.doi.org/10.1016/j.oceaneng.2008.01.008

Fatwasari, F., Farhum, St. Aisjah. (2023). Purse Seine Vessel Stability Analysis Due To Fish Hatch Redesign On Consideration Of Local Wisdom in Sinjai Regency. Journal of Pharmaceutical Negative Results, Vol. 14, Special Issue 2; 1086-1094. https://doi.org/10.47750/pnr.2023.14.S02.133

Farhum, S. A., Jaya, I., Quraisyin, M. I., & Risa, R. D. (2020). Comparison of propeller thrust based on the purse seiner body shape. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 564, No. 1, p. 012077). IOP Publishing. http://dx.doi.org/10.1088/1755-1315/564/1/012077

Francisco, M.A.S and Antonio,S.I. (2014). Stability, Safety and Operability of Small Fishing Vessels. Madrid, Spain. Ocean Engineering, Volume 79, pages 81 – 91. http://dx.doi.org/10.1016/j.oceaneng.2014.01.011

Fransisco M.A.S & Antonio S.I. (2013). Fishing Effort Control Policies and Ship Stability; Analysis of a String of Accident in Spain in the Period 2004 – 2007. Marine Policy, Volume 40, Pages 10-17. http://dx.doi.org/10.1016/j.marpol.2012.12.027

Fyson, J. 1985. Design of small fishing vessels. Fishing News Books for FAO.

Gonzales M.M., Sobrino P.C., Alvares R.T., Casas D.V., Lopez A.M & Pena F.L. (2012). Fishing Vessel Stability Assessment System. University of A Coruna. Spain. Ocean Engineering, Volume 41, Pages 67-78. http://dx.doi.org/10.1016/j.oceaneng.2011.12.021

Kantu L., Kalangi P.N.I & Polii J.F. (2013). Desain dan Parameter Hidrostatis Kasko Kapal Fiberglass Tipe Pukat Cincin 30GT di Galangan Kapal CV Cipta Bahari Nusantara Minahasa Sulawesi Utara. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap 1 (3) Juni 2013. Halaman 81-86. https://doi.org/10.35800/jitpt.1.3.2013.1397

MacGuiness E., Harvald L.A., Utne B.I & Holmen I.M. (2013). Fatalities in the Norwegian Fishing Fleet 1999-2011. Safety Science, Volume 57, Pages 335-351. http://dx.doi.org/10.1016/j.ssci.2013.03.009

Nurdin, H.S. 2010. Studi Kesesuaian Desain dan Kontruksi Kapal Purse Seine di Kelurahan Tana Lemo Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba [skripsi]. Program Studi PSP. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin. Makassar. 79 hal.

Pratiwi, L. 2012. Analisis Desain Kapal Cantrang di Desa Aeng Batu-Batu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar [skripsi]. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin.

Rukajat A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta (ID): Deepublish. 160 hlm.

Rachman, I., Subiyanto, L., Suhardjito, G., Indartono, A. (2014). Identifikasi Garis Stabilitas Melintang Kapal Melalui Percobaan Kemiringan Menggunakan Delphi Berbasis Arduino. TRANSMISI, 16, (3), 2014, Hal 122. https://doi.org/10.12777/transmisi.16.3.121-127

Nurdin, H. S., Iskandar, B. H., Imron, M., & Novita, Y. (2016). Tata Muatan Dan Variasi Musim Penangkapan Pengaruhnya Terhadap Stabilitas Purseseiner Bulukumba, Sulawesi Selatan. Marine Fisheries : Journal Of Marine Fisheries Technology And Management, 4(2), 183-193. https://doi.org/10.29244/jmf.4.2.183-193

Wang J., Pillay A., Kwon Y.S., Wall A.D & Loughran C.G. (2005). An Analysis of Fishing Vessels Accidents. Liverpool John Moores University. UK. Accident Analysis & Prevention, Volume 37, Issues 6, Pages 1908-1915. https://doi.org/10.1016/j.aap.2005.05.005

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-07

Cara Mengutip

Quraisyin, M. (2024). Karakteristik Desain Kapal Purse Seine Di Kabupaten Bulukumba. Jurnal Marshela (Marine and Fisheries Tropical Applied Journal), 2(2), 56-65. https://doi.org/10.25181/marshela.v2i2.3662

Terbitan

Bagian

Artikel