Strategi Pemasaran Tepung Mocaf Pada KWT Sedap Malam Menggunakan STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

Authors

  • Shinta Tantriadisti politeknik negeri lampung
  • Maria Ulfah politeknik negeri lampung
  • Dian Rahmalia Universitas Lampung
  • I. Rani Mellya Sari Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/jumaat.v2i1.3621

Keywords:

Kata kunci : KWT Sedap Malam, strategi pemasaran, tepung mocaf

Abstract

Banyaknya persaingan dalam memproduksi tepung mocaf, maka akan semakin sulit ke depannya untuk memasarkan tepung mocaf yang diproduksi oleh KWT Sedap malam.  Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan menentukan strategi pemasaran tepung mocaf yang diproduksi oleh KWT Sedap Malam dengan menggunakan STP (Segmenstation, Targeting, Positioning). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus di KWT Sedap malam di Kota Bandar Lampung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini  adalah analisis deksriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Maret-Mei 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan stretagi pemasaran yang dapat dilakukan oleh KWT Sedap Malam agar dapat meningkatkan penjualannya antara lain menentukan segmentasi pemasarannya di golongan masyarakat masyarakat yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, golongan masyarakat yang sedang mengurangi konsumsi tepung terigu, golongan masyarakat yang memiliki penyakit diabetes mellitus, celiac, autisme, irritable bowel symdrome, dan golongan masyarakat yang ingin mengonsumsi tepung berkalori, lemak, dan gula rendah. Target pemasaran yang dapat dituju oleh KWT Sedap Malam adalah para wanita yang sedang melakukan diet dan para penderita penyakit diabetes mellitus dan agar dapat menempatkan posisi yang baik di pasar tepung mocaf, mengefisiienkan biaya yang dikeluarkan agar dapat bersaing dengan harga tepung mocaf di pasaran, selain itu, KWT Sedap Malam perlu membuat brand atau merek khusus dan kemasan serta konten promosi yang menarik target pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harsita, P.A. and Amam (2019) ‘Analisis Sikap Konsumen Terhadap Produk Olahan Singkong’, Agrisocionomics, 3(1), pp. 19–27. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.14710/agrisocionomics.v3i1.2469.

Haryanti, S., Yamin, Y. and Elina, M. (2019) ‘Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Tepung Mocaf Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Di Desa Kenanga Liwa Lampung Barat’, Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS), 3(04), pp. 49–58. Available at: https://doi.org/10.24967/jmms.v3i04.588.

Lestari, D.T. et al. (2022) ‘EMANFAATAN MOCAF UNTUK PENATALAKSANAAN DIET YANG RAMAH HIPERTENSI DAN DIABETES MELLITUS’, 4, pp. 104–107.

Mahabbah1*, H.I.N. and Mawardi2, A.I. (2024) ‘Implementasi Strategi Pemasaran STP ( Segmenting , Targeting , Positioning ) Pada UMKM Alief Onion ` s’, 5(1), pp. 183–189.

Maidiah Dwi Naruri Saida, S.S. (2023) Analisis Kinerja Perdagangan Ui Kayu. Pusat Data dan Sistem informasi Pertanian, Sekretariat Pertanian, Kementerian.

Rahatmawati, I., Bahagiarti, S. and Setyaningrum, T. (2021) ‘Peluang dan tantangan ukm mocaf ngudi rejeki ngestirejo menghadapi pasar global di era pandemi’.

Rismawati, F. et al. (2018) ‘STRATEGI PEMASARAN STP ( SEGMENTING , TARGETING , POSITIONING )’, 13, pp. 68–72. Available at: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10793.

Saparso (2021) Marketing Process. Ukrida Press.

Suryani, D.R. (2020) Outlook Ubikayu. Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal Kementeraian Pertanian.

Wutabisu, H., Indriani, S. and Priyasmanu, T. (2021) ‘Stretegi Segmenting, Targeting, Positioning (STP) Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Kopi Poso’, Jurnal Valtech, 4(2), pp. 217–225. Available at: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/download/3874/2824.

Published

2024-06-28

How to Cite

Tantriadisti, S., Ulfah, M., Rahmalia, D., & Mellya Sari, I. R. . (2024). Strategi Pemasaran Tepung Mocaf Pada KWT Sedap Malam Menggunakan STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Jurnal Manajemen Agribisnis Terapan, 2(1), 34-40. https://doi.org/10.25181/jumaat.v2i1.3621

Issue

Section

Artikel