Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Sawi Pakchoy (Brasiaca Rapa L.) terhadap Jenis Media Tanam dan Dosis Pupuk NPK

Authors

  • Bahri Bahri Universitas Musi Rawas
  • Sutejo Sutejo Universitas Musi Rawas
  • Waruwu Waruwu Universitas Musi Rawas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon tanaman sawi terhadap dua jenis tanah Mineral dan Tanah Sawah serta dosis pupuk NPK terhadap produksi tanaman sawi dalam polybag. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Karang Ketuan, Lubuklinggau pada bulan Desember 2016 sampai Januari 2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok yang disusun secara factorial. Faktor pertama dalam penelitian jenis tanah (T); T1= Tanah Mineral (inseptisol) , T2 = Tanah Sawah. Faktor kedua yaitu perlakuan dosis pupuk NPK (P) terdiri dari 3 taraf, yaitu: N1= 150 Kg / ha setara dengan 0,75 gram / polybag, N2 = 200 Kg / ha setara dengan 1 gram / polybag, N3 = 250 Kg / ha setara dengan 1,25 gram / polybag. Berdasarkan kedua faktor perlakuan tersebut didapatkan 6 kombinasi perlakuan dengan ulangan sebanyak 4 kali, sehingga di peroleh 24 unit percobaan masing masing unit terdiri dari 3 sampel tanaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa T2 memberikan hasil terbaik pada peubah tinggi tanaman, lebar daun, jumlah daun, berat brangkasan basah dan berat brangkasan kering. Perlakuan pupuk NPK majemuk dengan dosis 200 Kg/ha setara dengan 1 gram/polybag (N2) memberikan hasil terbaik terhadap peubah tinggi tanaman, lebar daun, berat brangkasan basah dan berat kering brangkasan, Tabulasi data menunjukkan bahwa interaksi perlakuan T2N2 cendrung lebih banyak memberikan respon terbaik terhadap peubah jumlah daun, berat brangkasan basah dan berat kering brangkasan.Kata kunci: Inseptisol, sawah, sawi pakchoi

References

Haryanto, E., T. Suhartini, dan E. Rahayu. 2001. Sawi dan Selada. Penebar Swadaya. Jakarta.

Haryanto, E. dan T. Suhartini. 2002. Sawi dan selada. Penebar Swadaya, Jakarta

Hardjowigeno, S., 2003. Klasifikasi Tanah dan Pedogenesis. Akademi Pressindo. Jakarta. 354 p.

Hardjowigeno, S., dan Rayes 2003. Tanah Sawah, Karakteristik, Kondisi dan Permasalahan Tanah Sawah di Indonesia. Bayu Media Publishing: Malang.

Hardjowigeno. S, Subagyo, Rayes, L. 2004. Morfologi dan Klasifikasi Tanah Sawah. Balai Penelitian Tanah. Pemberitaan hasil penelitian, hal 1-28.

Lingga, P dan Marsono., 2011. Peranan Pupuk NPK. Penebar Swadaya. Jakarta.

Munir. 1996. Tanah-Tanah Utama Indinesia. Dunia Pustaka Jaya, Jakarta.

Mulyanto, B., 2005. Batuan Induk Tanah dan Proses Pembentukkannya. Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan Fakultas Pertanian IPB. IPB Bogor. 85 p.

Novizan. 2002. Petunjuk Pemupukan yang Efektif. Agromedia Pustaka. Depok.

Suwarsono. 1980. Kesuburan Tanah. Departemen Ilmu Tanah. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Issue

Section

Artikel