Pengaruh Perlakuan Pupuk Organik dan Varietas terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine max, L. Merr.)

Penulis

  • Gut Tianigut Politeknik Negeri lampung
  • Yuriansyah Yuriansyah Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/jplantasimbiosa.v2i1.1609

Abstrak

Permasalahan  yang  dihadapi  dalam upaya peningkatkan produksi  kedelai saat ini adalah kurangnya daya dukung lahan yang produktif. Hal ini disebabkan terjadinya  degradasi serta kerusakan lahan akibat pola pertanian konvensional saat ini yang lebih mengutamakan penggunaan input tinggi seperti pupuk an-organik dan pestisida. Oleh karena itu, peningkatan produktivitas dan kualitas kedelai harus diupayakan dengan cara-cara yang lebih baik, seperti menggunakan pupuk organik. Sumber pupuk organik dapat berasal dari berbagai biomas  atau bahan organik, seperti sisa tanaman atau hewan. Setiap bahan organik memiliki kandungan atau komposisi unsur hara yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan pupuk organik terhadap pertumbuhan dan hasil kedelai. Penelitian ini merupakan percobaan faktorial dalam rancangan acak kelompok, dengan 2 faktordan 12 perlakuan. Jika terdapat perbedaan nilai tengah dilakukan dengan menggunakan Uji Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5 % dan 1 %. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa  perlakuan pupuk organik, serta interaksi antara pupuk organik dan varietas tidak menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap jumlah polong isi, jumlah polong hampa, berat polong isi dan berat biji pertanaman. Sedangkan perlakukan varietas menunjukkan perbedaan yang nyata terhadap jumlah polong isi, jumlah polong hampa, berat polong isi dan berat biji pertanaman. Varietas Detam memberikan jumlah polong isi, jumlah polong hampa, berat polong isi dan berat biji pertanaman lebih tinggi dibandingkan dengan varietas Anjasmoro dan Edamami. Kata kunci : kedelai, pupuk,  organik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurahman.2005. Teknik Pemberian Pupuk Organik dan Mulsa pada Budidaya Mentimun Jepang. Buletin Teknik Pertanian, Juli 2005. 10 (2): 53 - 56.

Efendi. 2010. Peningkatan pertumbuhan dan Produksi Kedelai melalui Kombinasi Pupuk Organik Lamtoro Gung dan Pupuk Knadang. J. Floratek 5: 65 -73.

Gumilang,A.P. 2010. Menuju Pertanian Organik. http://www.riaumandiri.net/rm/index.php?option=com_content&view=article&i=14860:menuju-pertanian-organik&catid=61: opini&Itemid= 71. Diakses 12 Februari 2018

Hardjowigeno, S. 2003. Ilmu Tanah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo.

Hakim, N. Nyakpa Y. Lubis, Nugroho, S. G. Diha A, Bailey. 1996. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Uneversitas Lampung. Bandar Lampung

Hartatik, W dan L.R. Widowati. Pupuk kandang. http://balittanah.litbang.pertanian.go.id/ind/dokumentasi/lainnya/04pupuk%20kandang.pdf?secure=true. Diakses 12 Februari 2018.

Hartatik, W., D. L.R. Setyorini, Widowati, S. Widati. 2005. Laporan Akhir Penelitian Teknologi Pengelolaan Hara pada Budidaya Pertanian Organik. Laporan Bagian Proyek Penelitian Sumberdaya Tanah dan Proyek Pengkajian Teknologi Pertanian Partisipatif (Tidak dipublikasikan).

Melati, M., W. Andriyani. 2005. Pengaruh pupuk kandang ayam dan pupuk hijau Calopogonium mucunoides terhadap pertumbuhan dan produksi kedelai panen muda yang dibudidayakan secara organik. Bul. Agron. (33) (2) 8 – 15 (2005)

Musnamar, E.I. 2003. Pupuk Organik. Penebar Swadaya. Jakarta.

Nurlisan, A. Rasyad, S. Yoseva. 2013. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kedelai (Glycine max (L.) Merril). Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Riau .korespondensi, e-mail :Nurlisan09@yahoo.com.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-05-18

Cara Mengutip

Tianigut, G., & Yuriansyah, Y. (2020). Pengaruh Perlakuan Pupuk Organik dan Varietas terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine max, L. Merr.). J-Plantasimbiosa, 2(1). https://doi.org/10.25181/jplantasimbiosa.v2i1.1609

Terbitan

Bagian

Artikel