Analisis Keintegrasian Pasar Komoditas Kopi Di Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung

Penulis

  • Muhammad Husaini Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/esai.v4i3.1344

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus untuk mengetahui tataniaga komoditas kopi. Persoalan utama dalam tataniaga kopi di Kabupaten Tanggamus adalah masih lemahnya daya tawar petani dalam menjual produksi kopi kepada pedagang. Diduga sebagai penyebab utamanya adalah ketidakefisienan tataniaga dan belum terintegrasinya pasar.  Oleh karena itu penelitian ini mencoba untuk menelaah tentang efisiensi pemasaran kopi dengan meneliti tentang saluran pemasaran dan integrasi pasar. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa saluran pemasaran komoditas kopi di kabupaten Tanggamus terdiri dari dua tipe, yaitu:(a)         Tipe1  Petani menjual kepada Pedagang Pengumpul Desa, Pedagang Pengumpul Desa menjual kepada Pedagang Kecamatan, dan selanjutnya pedagang kecamatan menjual kepada eksportir (b)         Tipe 2  Petani menjual kepada pedagang Pengumpul Desa, Pedagang Pengumpul Desa selanjutnya menjual kepada eksportir Memperhatikan saluran pemasaran di atas dengan menggunakan pendekatan model Timmer diperoleh hasil bahwa pasar belum terintegrasi dengan sempurna. Sebagai akibatnya petani selalu mengalami keterlambatan dalam menerima kenaikan harga, dan sebaliknya lebih cepat dalam menerima penurunan harga. Padahal secara statistik keterkaitan harga antar lembaga pemasaran cukup erat             Dari temuan ini disarankan agar petani membentuk suatu lembaga yang mampu mengakses informasi pasar dan mampu memutus mata rantai pemasaran agar menjadi efisien.  Kata kunci:  Keintegrasian pasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhammad Husaini, Universitas Lampung

Dosen Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Unila.

Referensi

Alex Nitisemitro, 1982. Marketing, Ghalia Indonesia – Jakarta

Aida Sari, 2000. Pemasaran Jagung Sebagai Bahan Baku Pakan Ternak (Suatu Kasus Daerah Produksi Jagung di Kabupaten Lampung Tengah). Tesis Magister Pertanian Universitas Padjadjaran (Tidak dipublikaikan) – Bandung

Basu Swastha dan Irawan, 1985. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty Yogyakarta

Bungaran Saragih, 1998. Krisis Ekonomi dan Reformasi Agribisnis Berbasis Peternakan. Lembaga Penelitian – IPB

Bungaran Saragih,1995. Agribisnis dan Transformasi Struktur Ekonomi Pedesaan. Perhepi, Jakarta

Budi Santoso, 1987. Pendugaan Keuntungan dan Skala Usaha Pada Usahatani Kopi Rakyat di Lampung. JAE Vol.6, IPB, Bogor

Colkins Peter H and Way NU, 1984. Improving Marketing of Prishable Commodities; A Case Study of Selected Vegetable in Taiwan. Asian Vegetable Reseach and Development Centre.

Debertin, David L, 1986. Agriculture Production Economics. Macmillan Publishing Company, New York

Gittinger, J. Price, 1986. Analisa Ekonomi Proyek-Proyek Pertanian (diterjemahkan oleh Slamet Sutomo dan Komet Mangili). UI-Press, Jakarta

G. Kartasapoetra, 1992. Marketing Produk Pertanian dan Industri. Rineka Cipta, Jakrta.

Halimah W. Kadarsan, 1992. Agribisnis (Keuangan Pertanian dan Pembiayaan Perusahaan). Gramedia, Jakarta

Hanafiah A.M. dan Saefuddin A.M. 1983. Tataniaga Hasil Pertanian. UI-Press, Jakarta

Ikhsan Samaoen, 1992. Ekonomi Produksi Pertanian. Cetakan 1, ISEI, Cabang Jakarta.

J. Supranto, 1992. Teknik Sampling Untuk Survei dan Eksprimen. Rineka Cipta, Jakarta

Kusnadi, 1986. Manajemen Usahatani. Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang

Kantor Statistik Kabupaten Tanggamus, 2008. Tanggamus Dalam Angka 2008

Kantor Statistik Provinsi Lampung, 2008. Lampung Dalam Angka Tahun 2008

Miller, Roger LeRoy and Roger E. Mainer, 1993. Intermediate Microeconomics Theory, Issues, Aplication Third Edition. Toronto, McGraw Hill Inc.

Moh. Nazir, 1999. Metode Penelitian, Cetakan ke-4. Ghalia Indonesia, Jakarta

Mosher A.T., 1983. Menggerakkan dan Membangun Pertanian, Cetakan ke-8, Yasaguna, Jakarta

Mubyarto, 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian, Cetakan ke-4. LP3ES, Jakarta.

Soekartawi, 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Cetakan ke-3. Rajawali, Jakarta.

----------------, 1994. Teori Ekonomi Produksi, Edisi 1, Cetakan ke-2, Rajawali, Jakarta

----------------, 1999. Agribisnis (teori dan Aplikasinya). PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sjarkowi, Fachrudin dan Marwan Sufri, 2004. Manajemen Agribisnis. CV. Baldad Grafiti Press, Palembang.

Tulus T.H. Tambunan, 2003. Perkembangan Sektor Pertanian di Indonedia: Beberapa Isu Penting. Ghalia Indonesia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-10

Terbitan

Bagian

Artikel