Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada UMKM Eyek-Eyek Reggae

Penulis

  • Dita Pratiwi Politeknik Negeri Lampung
  • Tunjung Andarwangi Politeknik Negeri Lampung
  • Intan Andya Bellapama Politeknik Negeri Lampung
  • Dayang Berliana Politeknik Negeri Lampung
  • Fitriani Fitriani Politeknik Negeri Lampung
  • Sutarni Sutarni Politeknik Negeri Lampung
  • Teguh Budi Trisnanto Politeknik Negeri Lampung
  • Fadila Margasaty Politeknik Negeri Lampung
  • Marlinda Apriyani Politeknik Negeri Lampung
  • Rini Desfaryani Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/abimana.v2i1.4118

Abstrak

Pertumbuhan UMKM di Indonesia meningkat pada tahun 2022, mencapai 64,2 juta unit dan menyumbang 61,07% terhadap PDB. Meningkatnya pertumbuhan UMKM memberikan peluang yang baik bagi perekonomian di Indonesia, karena dapat meningkatkan jumlah lapangan kerja dan kontribusi terhadap nilai Produk Domestic Bruto (PDB). Sektor pengolahan makanan menjadi salah satu sektor yang diminati dan memiliki potensi besar untuk berkembang. Berbagai bahan pangan dapat diolah sesuai dengan keinginan dan permintaan dari konsumen, namun masih terbatas oleh pemahaman akan pentingnya teknologi dan digitalisasi. Di era digital, UMKM tentunya dituntut untuk memanfaatkan digital marketing agar pemasaran tidak terbatas secara offline, melainkan bisa menjangkau konsumen di berbagai wilayah. UMKM Eyek-Eyek Reggae di Desa Donomulyo, Lampung Timur, memproduksi kerupuk dari singkong namun masih menjalankan penjualan secara konvensional. Belum diterapkannya digital marketing membuat produk kurang dikenal luas. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat, pentingnya digitalisasi diperkenalkan untuk membantu UMKM menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan mendorong transformasi bisnis menuju digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-25

Cara Mengutip

Pratiwi, D., Andarwangi, T., Andya Bellapama, I., Berliana, D., Fitriani, F., Sutarni, S., Budi Trisnanto, T., Margasaty, F., Apriyani, M., & Desfaryani, R. (2025). Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada UMKM Eyek-Eyek Reggae. Jurnal Abimana (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nasional), 2(1), 62-67. https://doi.org/10.25181/abimana.v2i1.4118

Terbitan

Bagian

Artikel