Reflecting Students’ Parents Expectations into Primary English Teaching Curriculum and Instruction
DOI:
https://doi.org/10.25181/esai.v7i3.984Abstrak
Pengembangan kurikulum membutuhkan analisis situasional guna memperhitungkan faktor-faktor eksternal yang dapat menentukan dalam pengembangan, evaluasi dan penerapan kurikulum tersebut. Salah satu faktor ekternal yang penting dalam pengembangan kurikulum adalah faktor orangtua siswa yang merupakan bagian dari faktor sosial pengembangan kurikulum. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui harapan-harapan orang tua dari siswa-siswi yang belajar pada tingkat dasar (SD) guna pengembangan dan pengaplikasian kurikulum bahasa Inggris pada tingkat tersebut. Penelitian ini dilakukan pada dua lembaga kursus penyelenggara pendidikan bahasa inggris pra-sekolah di Bandar Lampung. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui interview dan kuesioner dengan melibatkan 23 orangtua siswa sebagai responden. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa orangtua merupakan faktor yang mampu memberi kontribusi penting bagi pengembangan kurikulum tersebut. Responden memberikan sejumlah harapan-harapan yang perlu diakomodasi terkait muatan, pengaplikasian dan pengevaluasian hingga penerapan kurikulum bahasa inggris pra sekolah. Kata kunci: faktor orang tua, pengajaran bahasa inggris tingkat dasar, pengembangan kurikulumÂUnduhan
Referensi
Alwasilah, A. Chaedar. 2009. Pokoknya Kualitatif. Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta. PT. Dunia Pustaka Jaya.
Beagley, David Edward. 1996. Parent Participation in Curriculum Decision Making. (Unpublished master’s thesis). Bendigo. Latrobe University.
Beckman, Pat. 2001. Access to General Education Curriculum for Students with Disabilities. Available at: http://www.ericdigests.org/2002-3/ general. htm
Bredekamp, Sue, and Carol Copple (Eds). 1997. Developmentally appropriate practice in Early Childhood Program. Washington DC. National Association for the Education of Young Children.
Brewster, Jean and Gail Ellis. 1993. The Primary English Teachers Guide. New York. Pearson Education Limited.
Creswell, John W. 1994. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. London. SAGE Publications, Inc.
Dodge, Diane Trister, et al. 2002. The Creative Curriculum for Preschool. Washington DC. Teaching Strategies, Inc.
Dornyei, Zoltan. 2007. Research Methods in Applied Linguistics: Quantitative, Qualitative, and Mixed Methodologies. Oxford. Oxford University Press.
Ekawati, Ratna. 2010. School Curriculum vs. Parents expectations. Accessible at: http://www.sekolahtunasmuda.com/stm2/index.php?option=com_cont ent &view=article&id=75&Itemid=113
Frankle, Jack R. and Norman E Wallen. 2007. How to Design and Evaluate Qualitative Research in Education. Singapore. McGraw-Hill Education.
Hammerschmidt, Patricia, et al. 1994. Evaluating Curriculum Effectiveness by Asking the Users. Journal of Extension Vol. 32 No. 3 October 1994. Accessible at: http://www.joe.org/joe/1994october/iw4.php
Holliday, Adrian. 2005. Doing and Writing Qualitative Research. London. SAGE Publications, Inc.
Machado, Jeanne M. 1980. Early Childhood Experiences in Language Arts. New York. Delmar Publisher, Inc.
Nunan, David. 1992. Research Method in Language Learning. New York. Cambridge University Press.
Patton, Michael Quinn. 1987. How to Use Qualitative Methods in Evaluation. London. SAGE Publications, Inc.
Posner, George J. 1992. Analyzing the Curriculum. Boston. McGraw-Hill, Inc.
Print, Murray. 1988. Curriculum Development and Design. New South wales. Allen and Unwin.
Richards, Jack C. 2001. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge. Cambridge University Press.
Setiyadi, Ag Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jogjakarta. Graha Ilmu.