Persepsi Mahasiswa terhadap Mata Kuliah, Kelas Ekstensif, dan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris

Penulis

  • Ali Murtopo Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/esai.v2i2.1358

Abstrak

Sebagian besar perguruan tinggi hanya mengalokasikan 2 sks untuk mata kuliah Bahasa Inggris selama masa studi mahasiswa di perguruan tinggi. Akan tetapi  Politeknik Negeri Lampung mengalokasikan lebih dari 2 sks, yaitu 10 sks, dan memprioritaskan pembelajaran bahasa Inggris Umum (general English) karena mahasiswa dianggap belum memiliki kompetensi bahasa Inggris yang baik. Meskipun demikian, kebijakan tersebut  belum mempertimbangkan aspek kebutuhan dan harapan mahasiswa, permintaan pasar kerja, harapan orang tua, dan lain-lain sebelum diterapkan. Tulisan ini dibuat untuk membahas masalah tersebut dari sudut pandang mahasiswa, yakni mendiskusikan harapan dan kebutuhan kebahasaan mahasiswa dan apakah program tersebut dianggap baik atau tidak oleh mahasiwa. Penelitian ini menggunakan  rancangan studi kasus deskriptif kualitatif untuk menguraikan data.  Pengumpulan data dilakukan terhadap 55 mahasiswa yang diambil secara acak dengan pola interval berpartisipasi dalam pengisian kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memandang mata kuliah Bahasa Inggris secara positif dan juga menganggap baik program pembelajaran Bahasa Inggris yang diperluas. Selain itu, mahasiswa cenderung lebih menginginkan bahasa Inggris umum dari pada bahasa Inggris khusus (English for Specific Purpose).  Kata Kunci: General English, English for Specific Purpose, Extended English Class

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ali Murtopo, Politeknik Negeri Lampung

Staf Pengajar Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung

Referensi

Atkinson, Rita L., Atkinson, Richard C., & Hilgard, Ernest R. 1997. Pengantar Psikologi. 8th Ed. 1st & 2nd Book. Terjemahan. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Bruning, Roger H, Schraw, Gregory J., and Ronning, Royce R.1995. Cognitive Psychology and Instruction. 2nd Ed. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Leavitt, Harold J. & Zarkasi, Muslichah (Penerjemah). 1992. Psikologi Manajemen. 4th Ed. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Miles, Mathew B. and Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Bahasa Indonesia Edition. Jakarta: UI-Press.

Moskowitz, Merle J. & Orgel, Arthur R. 1969. General Psychology. Boston: Houghton Mifflin Company.

Hamachek, Don. 1995. Technology in Teaching, Learning, and Growth. 5th ed. Needham Heights: Allyn and Bacon.

Satiadarma, Monty P. 2001. Persepsi Orang Tua Membentuk Prilaku Anak: Dampak Pygmalion dalam Keluarga. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Setiyadi, Ag. Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Woolfolk, Anita E. 1995. Educational Psychology. 6th Ed. Needham Heights: Allyn and Bacon.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-10

Terbitan

Bagian

Artikel