The Influence Of Games Toward Student’s English Vocabulary Building At The Second Semester Students Of The State Polytechnic Of Lampung

Penulis

  • Yusep Windhu Ari Wibowo Politeknik Negeri Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25181/esai.v4i3.1345

Abstrak

Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk mengidentifikasi  game atau permainan apa yang disenangi oleh mahasiswa dan untuk menemukan apakah ada  pengaruh bagi mahasiswa dalam belajar kosa kata Bahasa Inggris melalui game atau permainan. Ada 320 mahasiswa  Politeknik Negeri Lampung semester dua dari 11 program studi. Perlakuan yang digunakan adalah empat jenis game atau permainan; Concentration Games, go fish, hangman, Jumbled letters..Pada penelitian ini, penulis akan menggunakan posttest pretest of true experimental design. Dua kelompok akan memakai disain ini: satu kelompok ( para mahasiswa dari lima program studi), menerima perlakuan dengan menggunakan empat jenis game atau permainan sebagai experiment group sedangkan  kelompok yang kedua( para mahasiswa dari lima program studi yang lain) tidak menerima perlakuan seperti kelompok pertama sebagai control group. Kedua kelompok diberi suatu posttest dan pretest. Ada pengaruh yang nyata dari menggunakan game terhadap pengembangan  kosa kata bahasa Inggris maha siswa. Hal itu  dapat dibuktikan dari hasil  T-Test, bahwa T-Ratio adalah lebih tinggi dibanding yang T-table Di tingkatan dari 0.05. Di dalam experiment group , yang menggunakan games,  telah terbukti dengan  melihat hasil dari F value di dalam holiustic score  adalah lebih tinggi dibanding yang F-table Ditingkatan 0.05. Experiment groups , yang diberi game, memberi hasil yang lebih tinggi dibanding control group, yang tidak diberi game  Sebab dengan di beri  game mahasiswa mempunyai lebih banyak kesempatan untuk mengekspresikan  kata-kata mereka dengan bebas. Key words  :  experimental design, opportunities, pretest posttest, control groups,                        holiustic  score

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yusep Windhu Ari Wibowo, Politeknik Negeri Lampung

Staf pengajar pada Program Studi Akuntansi Jurusan Ekonomi dan Bisnis Politeknik Negeri Lampung

Referensi

Algarabel, S. and Dasi, C. 2001. The Definition of Achievement and the Construction of Test for its Measurement : A review of the Main Trends. Psicologica. New York

Asher, James J. 1982. Learning Another Language through Actions. The Complete Teacher’s Guide Book. 2nd ed. Sky Oaks Production, Inc. California. USA

Banathy, Bela H. 1976. Instructional System. A paper presented in penataran/ Nasional Inovasi dan Teknologi Pendidikan. Peningktan Program Pengembangan Ketenagaan. IKIP Negeri Jakarta.

Candlin, Christopher, N. 1987. Learner Strategies in Language Learning. Cambridge, Prentice Hall, Inc. University Press, New York

Chastain, Kenneth. 1976. Developing Second Language Skills. 2nd ed. Rand McNally College Publishing Company. Chicago

Hornby, A.s. 1984. Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English. Oxford University Press, USA.

Nation, I. S. P. 1990. Teaching and Learning Vocabulary. Heinle and Heinle. Boston. USA.

Nurweni, Ari. 1999. The English Vocabulary Knowledge of Indonesian University Students. Pergamon Press. USA.

Krashen, Stephen. 1983. The Natural Approach: Language Acquisition in the Classroom. Pergamon Press. New York.

Paulston, Christina Bratt. 1976. Teaching English as a Second Language : Techniques and Procedures. Little Brown Company. Boston. USA

Supranto, J. 2000. Statistik Teori dan Aplikasi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Usman Husaini. 2000. Pengantar Statistika. Bumi Aksara. Jakarta.

Wallace, Michael. 1982. Teaching Vocabulary. Heineman Educational Books Ltd. London

Yusep, WAW. 2005. Jurnal RAGAM Volume 5 No.2 Agustus . Politeknik

Negeri Semarang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-09-10

Terbitan

Bagian

Artikel