Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal penelitian Pertanian Terapan atau disingkat JPPT adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Lampung sebanyak tiga kali setahun di setiap Januari, Mei, dan September. Proses penyampaian manuskrip ini terbuka sepanjang tahun. Semua naskah yang dikirim akan ditinjau ulang secara ganda dan editorial sebelum diterima untuk dipublikasikan. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan adalah media untuk menerbitkan artikel penelitian dan studi kasus (terbatas pada beberapa kasus yang diminati dan memiliki nilai baru). Jurnal penelitian pertanian terapan menerima manuskrip dari pertanian dengan berbagai disiplin ilmu:

  • Tanaman perkebunan
  • Tanaman pangan dan hortikultura
  • teknologi makanan
  • Pertanian biologi
  • Agribisnis

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Kebijakan pengkajian Ilmiah Jurnal Penelitian Pertanian Terapan adalah:

 

  1. Setiap makalah yang dikirim akan ditinjau oleh setidaknya dua pengulas sejawat.
  2. Peninjau tidak menyadari identitas penulis, dan penulis juga tidak menyadari identitas pengulas (Blind Peer Reviews).
  3. Proses peninjauan akan mempertimbangkan hal baru, objektivitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan rujukan.

 

Editor harus memberi tahu Anda tentang hasil peninjauan sesegera mungkin, mudah-mudahan antara 1 - 2 bulan. Harap perhatikan bahwa mungkin kiriman kertas ke Jurnal Penelitian Pertanian Terapan durasi proses peninjauan bisa sampai 3 bulan.

 

Menggunakan Double Blind Peer Reviews

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Penelitian Pertanian Terapan  pertama kali diterbitkan pada edisi Januari 2000.  JPPT melakukan penerbitan versi cetak pada tahun 2007, kemudian memulai versi online atau Open Journal System (OJS) pada tahun 2014. Manajemen tata kelola jurnal OJS mulai dilaksanakan pada Volume 17 No. 2 Tahun 2017. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan secara teratur diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu bulan Januari, Mei, dan September.  Pada edisi januari, manuskrip yang diterima selambat-lambatnya pada bulan awal bulan Desember.  Naskah edisi Mei diterima selambat-lambatnya awal bulan April, dan naskah edisi September diterima selambat-lambatnya awal bulan Agustus.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...